Makanan WBP Rutan Padang Panjang Resmi Bersertifikasi Halal MUI

Makanan WBP Rutan Padang Panjang Resmi Bersertifikasi Halal MUI

1

Padang Panjang – Salah satu UPT di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar, Rutan Padang Panjang (Rupajang) kembali melakukan terobosan. Seolah tidak pernah kehabisan akal untuk berinovasi di berbagai bidang pelayanan, pada Selasa (31/8),  Rutan Padang Panjang menerima Sertifikasi Halal MUI terhadap makanan yang dimasak pihak Rupajang setiap harinya yang dibagikan kepada 152 WBP. Sebelumnya, Rupajang juga berhasil mendapat ijin operasional untuk Klinik Kesehatan Rutan Padang Panjang dan berhasil pula memperoleh Sertifikasi Layak Higienis Makanan untuk dapur Rupajang.

Rudi Kristiawan, Karutan Padang Panjang telah mengusulkan pengurusan Sertifikasi ini sejak bulan Februari lalu setelah pengurusan Sertifikasi Layak Higienis terbit dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang. Setelah melalui berbagai proses yang panjang terkait syarat wajib yang harus dipenuhi oleh Dapur Rupajang serta Sidang Komisi Fatwa MUI maka keluarlah Sertifikasi Halal MUI dari LPPOM MUI Sumatera Barat.

“InsyaAllah ini menjadi yang pertama dilakukan oleh UPT Pemasyarakatan di Provinsi Sumatera Barat ini. Bisa jadi juga seluruh Indonesia. Kalau sertifikasi Layak Higienis mungkin sudah banyak ya, tapi untuk Halal MUI ini kami belum pernah dengar sebelumnya”, jelas Rudi.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh salah satu Tim Survey dari LPPOM MUI, Yan Heriyandi.

“Mungkin Lapas / Rutan saya baru tahu Rupajang inilah yang pertama mengajukan pak. Semoga inovasi ini bisa di contoh oleh UPT lainnya”, tambah Yan.

Rudi mengaku akan berusaha dan bertekad memberikan ide-ide yang baru dan positif bagi UPT Pemasyarakatan se-Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ini salah satu bukti nyata bahwa makanan yang diberikan kepada WBP kami benar-benar layak, sehat, cukup gizi dan halal tentunya”, tambah Alumnus Akip 43 itu.

Melihat gebrakan pelayanan Rupajang tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat R. Andhika Dwi Prasetya beserta Kadivpas menyampaikan apresiasi atas kinerja Jajaran Rupajang saat ini.

“Ini saya kira salah satu wujud nyata Kemenkumham berusaha memberikan pelayanan yang luar biasa kepada masyarakat”, ujar Kakanwil mengapresiasi inovasi Rupajang.

"Terimakasih pak Karutan Padang Panjang Rudi Kristiawan, dan saya instruksikan kepada Kalapas, Karutan, Ka.LPKA Kanwil Sumatera Barat untuk segera mengikuti jejak Rupajang dan harapan saya Sumatera Barat bisa menjadi tauladan yang baik kepada UPT Pemasyarakatan di Provinsi yang lain dalam pelayanan pemberian makanan kepada WBP. Mari kita wujudkan Tahun 2021 ini adalah Tahun Prestasi bagi Kemenkumham Sumatera Barat”, tegas Kakanwil. (Humas Rupajang).

2

4

3

Cetak