Peyerahan Surat Pencatatan Ciptaan Lagu Mars Sijunjung Oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah

4 FILEminimizer

Bertempat di Kyriad Hotel Bumiminang Padang, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Sinkronisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Sumatera Barat, Rabu (21/11).

Sebagai undangan plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Yasmon disela-sela acara menyerahkan langsung Surat Pencatatan Ciptaan Lagu Mars Sijunjung kepada Yuswir Arifin selaku Bupati Sijunjung sekaligus pencipta lagu. Surat Pencatatan Ciptaan Lagu Mars Sijunjung tersebut telah resmi disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Nomor : EC00201825760 Tanggal 29 Agustus 2018 atas nama Drs. H. Yuswir Arifin, MM, Dt Indo Marajo.

Hadir untuk membuka acara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan bahwa Budaya adalah suatu hal yang sangat penting, Pemerintah Provinsi tidak hanya mengurus masalah ekonomi saja namun juga berkewajiban untuk melestarikan budaya, oleh sebab hal inilah maka dibentuknya Dinas Kebudayaan. “Dengan budaya kita tahu siapa kita. Banggalah dengan budaya kita, janganlah terbawa arus dengan mengikuti budaya luar atau barat sehingga menghilangkan jati diri budaya timur kita”, kata Gubernur.

Di tempat terpisah hasil wawancara langsung dengan Bupati Sijunjung diungkapkan bahwa Mars Sijunjung ini merupakan penjabaran visi dan misi dari Bupati Sijunjung yang dirangkum dalam sebuah untaian kata-kata yang dibawakan dalam nyanyian, dan yang terpenting lirik pada lagu ini sekaligus merupakan do’a kepada Yang Maha Kuasa demi kejayaan dan kemajuan Kabupaten Sijunjung yang harus diserta dengan kerja keras dan belajar.

Lagu yang diciptakan tahun 2013 ini mempunyai durasi 5 menit dan akan dihibahkan ke Pemerintah Daerah sesuai Peratura Daerah yang telah ada. “Harapan saya lagu ini dapat menjadi aset daerah, menurut saya nyanyian tidak akan pernah pudar dan selalu dikenang sepanjang jaman apalagi berisi do’a dan harapan dari kami masyarakat Kabupaten Sijunjung ini,” ucap Bupati Sijunjung.

“Sosialisasi mengenai lagu ini juga telah dilakukan ke semua kalangan masyarakat Sijunjung hingga ke Taman Kanak-kanak”, tambah Bupati. Sebagi informasi tambahan disamping pematetan lagu Mars Sijunjung ini, Pemerintah Daerah juga telah lebih dulu mematen Songket sebanyak 30 paten dan akan terus dikembangkan.

3 FILEminimizer

2 FILEminimizer

1 FILEminimizer

Cetak