KANWIL KUMHAM SUMBAR LAKSANAKAN UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-111

PADANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melaksanakan Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke- 111 Tahun 2019 dengan tema "Bangkit untuk Bersatu", (20/05).

 Hadir sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar Ajub Suratman dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang beliau sampaikan mengatakan Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia. Kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema "Bangkit Untuk Bersatu". Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

"Meski kita gali dari kearifan nenek-moyang kita yang telah dipupuk selama berabad-abad, namun sejatinya jiwa gotong-royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai

kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan. Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia. Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan", ujar Ayub.

 "Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global", tutup Ayub dalam sambutannya.

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Wilayah ini diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil, KaUPT se Kota Padang beserta pegawai perwakilan masing-masing UPT. Upacara berlangsung secara tertib dan damai walaupun dijalani ditengah-tengah puasa di bulan Ramadhan.

INDONESIA BANGKIT! INDONESIA BERSATU!

 

72036ee0 c194 4c5e aa94 2e5106485ab3
e6875e06 c250 46e1 8c6d 1fd1fab86d90

65cc14c1 2e89 4271 b1e3 2de6feb85c55

 

Cetak