Kegiatan Semarak HDKD Ke-77 Tahun Konten Sumbar: Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau, Open Turnamen Mini Soccer, Jalan Santai, dan Anugerah Jurnalistik bagi Pemenang Lomba Menulis Berita

1

Padang – Berbagai kegiatan diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk menyemarakkan peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 yang akan jatuh pada 19 Agustus mendatang. Selain mengikuti kegiatan-kegiatan konten pusat, dilaksanakan pula konten daerah yang unik dan menarik.

Kanwil Kemenkumham Sumbar mengadakan event internal yakni Pekan Olahraga yang diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan cabang perlombaan voli dan domino. Selain itu, ada beberapa kegiatan konten lokal yang dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi pihak eksternal.

Kegiatan dengan partisipasi pihak eksternal yang dilaksanakan adalah Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau, Open Turnamen Mini Soccer, Jalan Santai, dan Anugerah Jurnalistik bagi Pemenang Lomba Menulis Berita.

Hal ini disampaikan Kakanwil, R. Andika Dwi Prasetya pada Kegiatan Pembukaan Pekan Olahraga Kanwil Kemenkumham Sumbar, Kamis (5/8).

Dalam arahannya, Kakanwil menyampaikan bahwa selain sebagai ajang berolahraga agar terjaga fisik yang sehat, Pekan Olahraga ini juga sebagai wahana untuk bersilaturahmi.

“Adanya event seperti ini, merupakan kesempatan bagi kita untuk berkomunikasi langsung, bercengkrama, kumpul-kumpul mengasah rasa kebersamaan. Sehingga akan tumbuh korsa yang makin kuat, karena sepanjang waktu kita padat dengan rutinitas, laksanakan kewajiban dan jalankan tugas masing-masing,” ujar Kakanwil.

Sedangkan menurut Kakanwil, kegiatan yang dilaksanakan dengan melibatkan pihak eksternal seperti Pentas Seni Budaya, Mini Soccer, serta Lomba Menulis Berita bagi Wartawan adalah dalam rangka glorifikasi HDKD Ke-77 tahun 2022.

“Supaya masyarakat luas semakin tau eksistensi organisasi kita,” tutur Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga berharap kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi wahana pergaulan dengan stakeholder ataupun mitra kerja. Seperti pada Kegiatan Mini Soccer, ikut serta mitra kerja Kemenkumham Sumbar seperti tim mini soccer dari Pemprov, Kejati, Polda, Polres, Pemko Padang, Bapeda Padang, Bank BRI, Bank Nagari, PLN, wartawan, dan lain sebagainya.  Kegiatan dipusatkan di Rutan Kelas IIB Padang.

Sementara itu, Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau yang akan berlangsung pada 6 Agustus 2022 di Pantai Gandoriah Pariaman.  Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian Kanwil Kemenkumham Sumbar terhadap kearifan lokal. Beragam kreasi seni budaya minangkabau akan dipentaskan oleh pelajar, mahasiswa dan pegiat seni se-Sumbar pada acara ini.

“Kita sebagai Insan Pengayoman harus sadar bahwa sangat penting berinteraksi dengan nilai-nilai positif diluar diri kita. Khusus untuk giat Pentas Seni adalah wujud nyata sikap tanggung jawab dan kepedulian Insan pengayoman terhadap kelestarian budaya luhur Minangkabau,” lanjut Kakanwil

Terakhir Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia kegiatan dan pegawai yang terlibat aktif dalam melaksanakan dan memeriahkan kegiatan ini.

“Mari kita jadikan momentum HDKD ini untuk kita bercermin dan mawas diri supaya kita terus meningkatkan kinerja menjadi Semakin PASTI dan BerAKHLAK. Kita jaga marwah organisasi Kemenkumham yang kita cintai ini,” ujar Kakanwil menutup arahannya. (Humas Kemenkumham Sumbar/ys)

2

2

2

Cetak