Monev Kepatuhan Manajemen Administrasi serta penguatan Glorifikasi dan Publikasi, Kabag PH: Hal Ini Perlu Menjadi Perhatian!

Bingkai Website Fix

Lubuk Sikaping - Dalam rangka menyerukan glorifikasi  kinerja positif dan publikasi serta evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Teknologi Informasi dan pendampingan pencatatan non tender pada aplikasi LPSE dan SISWASP3DN pada Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Divisi Administrasi melalui Subbagian Humas, RB dan TI serta JFT Pengelola Pengadaan Barang/Jasa merangkul Unit Pelaksana Teknis dalam sebuah pengarahan yang dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Lubuk Sikaping, Selasa(27/09).

Pengarahan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Desmaniar dan dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis beserta operator yang menangani fungsi kehumasan, reformasi birokrasi teknologi informasi, dan PPK beserta operator LPSE pada masing-masing UPT. Unit Pelaksana Teknis yang ditargetkan untuk hadir pada kegiatan dimaksud adalah UPT yang berdekatan dengan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Lubuk Sikaping diantaranya Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman, Lapas Kelas III Talu, Rutan Kelas IIB Maninjau dan Lapas Kelas IIB Lubuk Basung. Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Lubuk Sikaping, Nofrizal yang didampingi oleh Kepala Lapas Kelas III Talu, Doni menyambut baik kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut.

WhatsApp Image 2022 09 28 at 21.49.11

Desmaniar selaku ketua tim menyampaikan pesan Kepala Kantor Wilayah mengenai pentingnya Glorifikasi berita setiap pemberitaan unit kerja. " Berbagai kegiatan yang dijadikan sebuah berita hendaknya aktif untuk di Glorifikasikan melalui media online maupun media sosial, selanjutnya untuk pelaporan pemberitaan harus sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan oleh Kantor Wilayah yakni melalui aplikasi RETA dengan durasi 1 hari kerja mulai pukul 15.00 s/d 15.00 hari berikutnya. Hal ini hendaknya perlu diperhatikan untuk seluruh UPT". Ujar Desmaniar

Menanggapi hal tersebut, Nofrizal Kepala Rutan Lubuk Sikaping juga menyampaikan beberapa kendala yang ditemui oleh operator pada satuan kerjanya.
“Kami berharap Kantor Wilayah juga dapat memfasilitasi UPT terkait tatacara publikasi melalui kegiatan bimbingan teknis sehingga glorifikasi dan publikasi pada seluruh UPT di Kanwil Sumbar dapat meningkat kualitas dan kuantitasnya” ujar Doni Kepala Lapas Kelas III Talu menambahkan.

Monitor evaluasi memberikan wadah dan peluang bagi peserta untuk saling bertukar pendapat. Tim Humas Kantor Wilayah menjelaskan bahwa peran kehumasan sangat strategis dan kebijakan kemenkumham sangat konsen pada bidang kehumasan dengan memperkenalkan institusi akan membangun kepercayaan. Selanjutnya Ketua Tim melanjutkan penguatan, Pengisian RKT-RB pada laman erb.kemenkumham dan dorongan pelaksanaan Sisumaker.

WhatsApp Image 2022 09 28 at 21.52.46

WhatsApp Image 2022 09 28 at 21.52.02

Usai bertukar pendapat, Tim JFT Pengelola Pengadaan Barang/Jasa melaksanakan peninjauan langsung terhadap penginputan pencatatan non tender pada aplikasi LPSE terhadap operator aplikasi LPSE beserta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) masing-masing UPT serta melakukan evaluasi terhadap realisasi penggunaan produk dalam negeri pada aplikasi Sistem Pengawasan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (SiswasP3DN) untuk mengetahui presentasi dari Unit Pelaksana Teknis dalam menggunakan pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan produk dalam negeri, sesuai dengan arahan tugas dan Aksi Afirmasi Produk Dalam Negeri (PDN) yang diinstruksikan oleh Sekretaris Jenderal beberapa waktu yang lalu.

Diharapkan melalui monitoring evaluasi dan penguatan yang dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya sesuai pedoman dan target yang telah ditentukan. Juga menjadi wadah bertukar pendapat dan menampung aspirasi Satuan Kerja sebagai masukan dalam melakukan evaluasi. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Cetak