Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Publikasi & Galeri

Pengumuman

Pencarian Data

Profil

Sejarah Berdiri 

Lembaga Pemasyarakatan Klas IIb Lubuk Basung dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Nomor :M-02.PR.07.03 Tahun 2003 tentang Pembentukan Lembaga Pemasyarakatan Ternate, Lubuk Basung, Mentawai, Sleman, Belitung dan Timika.  Mulai berdiri /dibangun Tahun 2007 sampai saat sekarang ini keberadaan  Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lubuk Basung masih diatas tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat dengan status tanah Pinjam Pakai sejak tanah tersebut dibeli dari Masyarakat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Agam pada tanggal 26 Desember 2006.

Sejak didirikan (mulai dibangun) pada Tahun 2007 Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lubuk Basung telah beroperasi secara Teknis dan Administrasi secara aktif yang dimulai pada Tahun 2010 sampai saat sekarang ini.

Visi

Menjadikan Lembaga Pemasyarakatan yang akuntabel, transparan, dan profesional di dukung oleh petugas yang memiliki kompetensi tinggi yang mampu mewujudkan tertib Pemasyarakatan.

Misi

  1. Mewujudkan tertib pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pemasyarakatan secara konsisten dengan mengedepankan penghormatan terhadap Hukum dan HAM;
  2. Membangun kelembagaan yang profesional dengan berlandaskan pada akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tupoksi Pemasyarakatan;
  3. Mengembangkan kompetensi dan potensi sumber daya petugas secara konsisten dan berkesinambungan;
  4. Mengembangkan kerjasama dengan Instansi terkait dalam rangka mengoptimalkan program pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan upaya penyelenggaraan ketertiban Lembaga Pemasyarakatan.

Tugas Pokok

Tugas Pokok daripada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIBLubuk Basung adalah Melaksanakan Pemasyarakatan terhadap Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan, berupa Pembinaan dan Pembimbingan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lubuk Basung sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi

Fungsi utama daripada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lubuk Basung dalam mengimplementasikan tugas pokoknya, sbb;

  1. Melakukan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan;
  2. Memberikan bimbingan, mempersiapkan sarana dan mengelola hasil kerja;
  3. Melakukan bimbingan sosial /kerohaniaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan;
  4. Melakukan pemeliharaan keamanan dan tata tertib Lembaga pemasyarakatan;
  5. Melakukan urusan tata usaha dan rumah tangga Lembaga pemasyarakatan;