Resmikan "Dapur Basalero" Milik Lapas Kelas IIA Padang, Irjen Kemenkumham : Kita Apresiasi Komitmen Dapur Higienis Untuk Warga Binaan

1

Padang - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga meresmikan "Dapur Basalero" Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang, Jum'at (19/04). 

Dapur Basalero (Bersih Sehat dan Lamak Rasonyo) ini secara langsung diresmikan Irjen Kemenkumham didampingi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Amrizal, para Kepala Divisi dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sumatera Barat. 

Reynhard  sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Padang dan jajaran dalam menjamin kehigienisan gizi dan makanan untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas tersebut. 

"Saya memberi apresiasi terhadap kebersihan, gizi dan kehigienisan yang disajikan di Dapur Basalero Lapas Padang, saya berharap dapat menjadi motivasi bagi UPT lainnya," buka Irjen saat memberi sambutan di Aula Lapas Kelas IIA Padang.

Per 27 Maret 2023, lebih lanjut Reynhard menyampaikan,  tercatat sebanyak 527 UPT Pemasyarakatan penyelenggara makanan di seluruh Indonesia yang telah mengantongi sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) yang dikenal dengan nama "Dapur Sehat".

Irjen Kemenkumham Reynhard Silitonga mengatakan dirinya datang ke Sumatera Barat, hadir karena perlunya peresmian Dapur ini menjadi proses pencegahan terhadap hal-hal yang tidak di inginkan.

"Tempat pengolahan makanan di UPT Pemasyarakatan seperti dapur memiliki resiko akan keracunan makanan dan penyebaran penyakit yang disebabkan makanan yang tidak Higiene," ujar Reynhard.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumbar Amrizal menjelaskan bahwa "Dapur Basalero" Lapas Padang ini memiliki makna yang menjamin bahwa dapur tersebut bersih, sehat dan enak.

"Penamaan Dapur Basalero ini diharapkan menjadi motivasi bagi petugas dan seluruh yang terlibat dalam tata kelola makan dan minum warga binaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Dan peresmian ini menjadi wujud komitmen yang dilaksanakan oleh Kalapas Kelas IIA Padang dan jajaran," jelas Amrizal.

Kakanwil berharap, semangat perubahan ini dapat di implementasikan oleh seluruh UPT dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar. (Humas Kemenkumham Sumbar)

1

1

1

1

1

 


Cetak   E-mail