Walikota membuka Kegiatan Diseminasi HAM di Sawahlunto

 

Walikota membuka Kegiatan Diseminasi HAM di Sawahlunto

1

Humas - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat mengadakan kegiatan Diseminasi HAM pada Kamis (16/07) yang bertempat di Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Sawahlunto, dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Asisten 1, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Divisi Pemasyakatan, Kepala Bidang Hukum dan Kepala UPT Wilayah 3. Diseminasi HAM ini bertemakan "Pelayanan Publik berbasis HAM" dan bertujuan agar seluruh pegawai diharapkan dapat dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan publik berbasis HAM.

 

Walikota Sawahlunto, Deri Arista dalam sambutannya mengatakan bahwa "Pelayanan Publik berbasis HAM ini dapat diwujudkan dengan 3 (tiga) faktor yang mendukungnya yaitu infrastruktur, Sumber Daya Manusia dan dalam pelaksanaanya. 

"Negara wajib melayani setiap warga negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik yang merupakan amanat UUD 1945", ujar Kepala Kantor Wilayah Suharman dalam sambutannya. Beliau berpesan agar pegawai dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

1

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Amru Walid Batubara, selaku narasumber menyampaikan bahwa pelayanan tidak boleh bersifat diskriminatif, tidak membeda-bedakan penerima pelayanan. 

"Semua Satker tahun ini harus mampu meraih penghargaan Satker berprediket Pelayanan Publik berbasis HAM, karena itulah bukti kita bekerja. Karena Pelayanan Publik berbasis HAM merupakan tuntutan bagi kita memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat", tambah Kepala Divisi Pemasyarakatan Budi Situngkir.

1

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanagan MoU antara Pemerintah Kota Sawahlunto dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat tentang Penghormatan, Pemajuan Pemenuhan/Penegakkan dan Perlindungan HAM di Provinsi Sumatera Barat, MoU tersebut ditanda tangani oleh Walikota Sawahlunto dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat. (Humas Kemenkumham Sumbar)

1

1

1

 


Cetak   E-mail