Rapat Pengolahan Data dan Analisa terhadap Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM) bulan Juli 2021 Membahas Isu LGBT

1

Padang - Bidang HAM Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melaksanakan Rapat Pengolahan Data dan Analisa terhadap Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM) bulan Juli 2021 pada Kamis (16/09) di Ruang Rapat Tuanku Imam Bonjol.

Rapat ini dibuka oleh Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Fakhrul Rozi bersama Kepala Subbidang Pemajuan HAM Dewi Nofyenti dan dihadiri oleh perwakilan penyuluh hukum, perwakilan sub bidang Humas, RB, dan TI serta seluruh staf pada bidang HAM.

Rapat siang ini membahas permasalahan-permasalahan yang viral dan belum menemukan penyelesaian di Sumatera Barat pada bulan Juli 2021 serta melakukan analisa terhadap permasalahan tersebut yang nantinya menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah pusat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Dari beberapa kasus yang ada, seluruh peserta rapat memfokuskan pada kasus-kasus tentang LGBT.

"Perlu adanya kajian lebih lanjut tentang kasus LGBT ini yang membahas LGBT dari segala aspek baik dari sisi Agama, sisi norma, sisi hukum maupun sisi HAM, agar permasalahan ini dapat di tindak lanjuti dengan tegas oleh pemerintah" ujar perwakilan penyuluh hukum.

"Pasal yang ada saat ini memang belum secara tegas mengatur tentang LGBT, untuk itu perlu direkomendasikannya kasus LGBT ini agar pemerintah dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut" ujar Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM.

"Rekomendasi atas permasalahan yang dibahas pada rapat kali ini akan disampaikan kepada Balitbang Kumham melalui aplikasi SIPKUMHAM untuk dapat dikaji ulang dalam pembuatan kebijakan kedepannya" ujar Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM mengakhiri rapat. (Humas Kemenkumham Sumbar)

2

3

4

5


Cetak   E-mail