Kakanwil Pimpin Rapat Persiapan SKD Kemenkumham Sumbar

 

 1

Padang – Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tahun 2021pada Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat akan dilaksanakan mulai tanggal 14-25 Oktober 2021 di Ballroom Grand Zuri Hotel Padang. Untuk mematangkan persiapan kegiatan tersebut, pada hari ini, Senin (11/10), Kakanwil, R. Andika Dwi Prasetya memimpin Rapat Persiapan SKD dengan 107 pegawai yang menjadi panitia pada kegiatan ini. Rapat dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Susilo Purwanto selaku Ketua Panitia Daerah Sumatera Barat bertempat di Aula Pengayoman Kantor Wilayah.

Kakanwil pada arahannya menyampaikan kepada seluruh pegawai yang menjadi panitia bahwa Pelaksanaan Tes SKD ini adalah sebuah amanah dan harus dilaksanakan dengan baik sesuai aturan. Kakanwil juga berpesan pada seluruh panitia agar mengantisipasin ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan) yang dapat terjadi saat pelaksanaan kegiatan ini berlangsung, termasuk kemungkinan hambatan cuaca, hujan, juga terkait kondisi pandemi yg bisa jadi menjadi potensi gangguan.

“Dan yang paling pasti dalam pelaksanaan kegiatan rekrutmen ini harus PASTI. Sesuai dengan tema HDKD 2021 adalah "Kumham semakin PASTI", semakin niscaya kepastiannya”, ujar Kakanwil.

Kakanwil kemudian memberikan arahan agar Ketua Panitia membuatkan pola kerja serta jobdesk bagi masing-masing bagian agar terarah tugas dan wewenang masing-masing panitia kegiatan.

Ada beberapa hal yang ditekankan Kakanwil kepada seluruh panitia acara dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Yang pertama disiplin. Panitia harus datang tepat waktu dan disiplin dalam pemakaian atribut dan disiplin dalam sikap. Panitia harus menjadi role model. Kedua kuasai betul tugas masing-masing. Selanjutnya hindari sikap arogan dan tidak peduli dan perlakukan seluruh peserta sama tanpa diskriminasi. Ini adalah kegiatan pelayanan publik. Tunjukkan sikap pelayanan prima”, jelas Kakanwil.

Kemudian Kakanwil juga memberi arahan agar panitia selalu kompak dan senantiasa satu frekuensi, satu komando. 

Peserta yang mengikuti SKD CAT untuk wilayah Sumatera Barat adalah 16.043 (formasi SLTA) dan 1.110 (formasi non SLTA). Pelaksanaan tes dilakukan 3 sesi untuk setiap harinya (kecuali Hari Jumat dilakukan 2 sesi) dengan kapasitas setiap sesinya sebanyak 515 peserta.

Pada sesi selanjutnya, Kepala Bagian Umum, Hasran Sapawi yang menjelaskan mekasisme tahapan pelaksanaan tes SKD, mulai dari tahap registrasi hingga peserta selesai melaksanakan ujian.

Melalui segala rangkaian persiapan yang telah dilaksanakan Kemenkumham Sumbar, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2021 secara Computer Assisted Test (CAT) diharapkan  dapat terselenggara dengan lancar dan baik dengan tetap mengutamakan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. (Humas Kemenkumham Sumbar)

 

2

2

2

2

2.

2


Cetak   E-mail