Kemenkumham Sumbar Legal Expo 2021: Pameran Pelayanan Publik dan Produk Hasil Karya WBP

1

Padang – Semarak kemeriahan Hari Dharma Karya Dhika  (HDKD)  tahun 2021 terus berlanjut baik di Unit Pusat maupun Kantor Wilayah. Kali ini, Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat menggelar Legal Expo yang dimulai dari tanggal 25 Oktober hingga 26 Oktober 2021 dengan menyelenggarakan Pameran Pelayanan Hukum dan HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan, di halaman Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar.

Kakanwil, R. Andika Dwi Prasetya membuka expo pada Senin (25/10) disaksikan oleh perwakilan dari Pejabat Instansi Mitra Kemenkumham Sumbar, diantaranya Dekan Fakultas Hukum Unand, Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Ombudsman Sumatera Barat, dan Ikatan Notaris Indonesia yang turut hadir mengunjungi expo.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan Legal Expo merupakan bukti keseriusan Kemenkumham Sumbar dalam berikan pelayanan prima bagi masyarakat.

"Dalam kegiatan ini kita menghadirkan seluruh tugas dan fungsi yang ada di Kanwil Kemenkumham Sumbar mulai dari Pelayanan Hukum dan HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan. Didasarkan pada kebutuhan masyarakat kita membuka pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Hukum dan HAM gratis, Pengurusan Paspor Simpatik, serta lainnya, " jelas Kakanwil.

Pada expo ini, dihadirkan beberapa layanan, diantaranya Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Hukum dan HAM gratis; Pendaftaran Perseroan Perseorangan; Pendaftaran Hak Cipta, Paten dan Merek; Pelayanan Kenotariatan; dan Pengharmonisasian Perda, Membuat Naskah Akademik, dan Ranperda oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah. Pada booth ini juga tersedia perpustakaan mini JDIH Kantor Wilayah.

Selain itu, juga diadakan Pameran dan Penjualan Produk Hasil Karya Warga Binaan dari UPT Pemasyarakatan se-Sumatera Barat berupa makanan maupun kerajinan tangan yang bernilai seni.

Sementara itu, Divisi Keimigrasian melalui Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Padang membuka pelayanan Pengurusan Paspor Simpatik.

Antusiasme masyarakat terlihat dari ramainya booth legal Expo, pengunjung mengungkapkan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini dan mengaku sangat terbantu dalam mendapatkan informasi terkait layanan-layanan yang diberikan dari Kementerian Hukum dan HAM. (Humas Kemenkumham Sumbar).

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10


Cetak   E-mail