Kakanwil Kemenkumham Sumbar beserta Seluruh Pimti Pratama Monitor Simulasi Desk Evaluasi Zona Integritas Kanim Padang

1

Padang - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang (Kanim Padang) melaksanakan Simulasi Desk Evaluasi Zona Integritas menuju WBK/WBBM tahun 2022 pada Jumat (23/9). Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya, langsung memantau pelaksanaan simulasi ini didampingi oleh seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

Kegiatan simulasi ini merupakan salah satu persiapan Kanim Padang dalam rangka melaksanakan Desk Evaluasi dari Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB pada selasa 27 September 2022. Kehadiran Kakanwil dan Pimti Pratama ini adalah sebagai bentuk dukungan dan penguatan pada Kanim Padang agar memberikan performa terbaik dalam mempresentasikan pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan dihadapan tim penilai dari MenpanRB nantinya.

“Jajaran Kanim Padang harus berikhtiar segenap jiwa raga dalam penilaian TPN ini. Faktor yang menguntungkan adalah Kanim Padang sudah punya pengalaman beberapa tahun sebelumnya, sudah lolos ikuti desk evaluasi TPN,” ujar Kakanwil dalam penguatannya pada jajaran Kanim Padang.

Kepala Kanim Padang, Napis didampingi Ketua Pokja dan perwakilan dari 6 (enam) Tim Pokja melaksanakan proses simulasi, yang terdiri dari paparan Pembangunan Zona Integritas, wawancara/sesi tanya jawab, pengenalan maskot, dan penampilan yel-yel, jingle, serta penayangan video profil.

Napis memimpin Tim Kelompok Kerja (Pokja) pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Kanim Padang dalam simulasi dihadapan Kakanwil dan Pimti Pratama. Setelah acara dibuka, Kakanwil dan Pimti Pratama disuguhi penampilan yel-yel yang dipimpin oleh Kepala Kanim, kemudian bersama menonton video profil Kanim Padang yang menjadi satu-satunya satuan kerja yang berhasil mewakili Kemenkumham Sumbar ke penilaian TPN ini.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kakanim mengenai pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang telah dilakukan Kanim Padang pada masing-masing area perubahan, yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Kakanim menjabarkan gambaran umum proses pembangunan ZI dan inovasi-inovasi yang dilaksanakan pada masing-masing area perubahan.

Dalam evaluasinya, Kakanwil mengapresiasi kesiapan dari Kanim Padang dalam upaya pembangunan Zona Integritas yang telah berjalan dan persiapan dalam menghadapi penilaian TPN mendatang. Kakanwil dan Pimti Pratama kemudian memberikan masukan-masukan terhadap pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang telah dilakukan Kanim Padang, baik dari detail realisasi inovasi yang dilaksanakan hingga pemenuhan data dukung yang harus dipersiapkan Pokja Pembangunan ZI Kanim Padang.

“Untuk tahun ini motivasi besar bagi jajaran Kanim Padang adalah sebagai satuan kerja yang mewakili Sumbar, menjadi satu-satunya yang lolos, juga mewakili Kementerian Hukum dan HAM sebagai 1 satker dari 15 satker yang tahun ini lolos,” ujar Kakanwil dihadapan Tim Pokja Pembangunan ZI Kanim Padang.

Diharapkan dengan adanya simulasi ini, Kanim Padang dapat lolos menjadi salah satu satuan kerja yang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2022. (Humas Kemenkumham Sumbar/ys)

2

2

]2


Cetak   E-mail