Kakanwil Haris Sukamto Beberkan Strategi Persiapan Desk Evaluasi di Kanim Padang dan Lapas Padang

1

Padang - Guna mempersiapkan pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas menuju WBK/WBBM Tahun 2023 oleh Tim Penilai Internal (TPI), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Haris Sukamto adakan Simulasi Desk Evaluasi pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang pada Rabu (10/05) bersama Tim Kantor Wilayah.

2 (dua) Satuan kerja (satker) tersebut lolos pada tahap Penilaian Kantor Wilayah dan Penilaian Unit Utama hingga diusulkan dalam tahap selanjutnya, yakni Penilaian Desk Evaluasi TPI oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham pada 12-19 Mei 2023 mendatang.

Kakanwil secara langsung memberikan penguatan dan arahan saat mengunjungi Kanim Kelas I Padang, kehadiran Kakanwil disambut dengan sangat baik oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Tedi Hartadi Wibowo. Haris berpesan agar memberikan performa terbaik dalam mempresentasikan pembangunan Zona Integritas dihadapan Tim Penilai Internal nantinya.

"Catatan, benahi alur pembuatan paspor, pelajari kembali tata cara menghadapi evaluator nantinya. Kakanim, selalu ingat waktu untuk melakukan presentasi itu terbatas. Persiapannya di matangkan, bergerak bersama-sama, tingkatkan semangat kita," ujar Kakanwil Haris Sukamto.

Selain mendukung penuh Kanim Kelas I Padang untuk meraih WBK, Haris turut membagikan tips bagaimana cara menjawab pertanyaan dari Evaluator nantinya. Ia mengatakan, pelajari dan fokus pada layanan kita yang telah mencapai ke daerah-daerah. 

Kekanim didampingi Ketua Pokja dan perwakilan dari 6 (enam) Tim Pokja melaksanakan proses simulasi, yang terdiri dari paparan Pembangunan Zona Integritas, wawancara/sesi tanya jawab, pengenalan maskot, dan penampilan jingle.

Bertolak ke Lapas Kelas IIA Padang, Kakanwil Haris Sukamto turut memberikan penguatan dan arahan kepada Kepala Lapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto beserta Tim Pokja Lapas Padang. Dalam simulasi Desk Evaluasi oleh Lapas Kelas IIA Padang, Kakanwil menyampaikan beberapa catatan.

"Persiapkan sound system dengan sangat baik, atur dimana Evaluator dan peserta dengan baik, perhatikan sekali waktu kita terbatas untuk presentasi. Kalapas, perbaiki paparan kembali dan saat mulai presentasi semua Tim Pokja harus fokus kepada Evaluator. Persiapkan dengan sangat baik Lapas Padang untuk penilaian TPI," ujar Haris.  

Diharapkan dengan adanya simulasi ini, kedua Satker tersebut dapat lolos menjadi satuan kerja yang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2023. (Humas Kemenkumham Sumbar)

1

1

1

 


Cetak   E-mail