Tiga Satker di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar Hadapi Desk Evaluasi Pembangunan ZI oleh TPI

WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.46.02

Agam – Kegiatan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar masih berlanjut. Tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT), yakni Kanim Kelas II Non TPI Agam, Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman, dan Lapas Kelas IIB Lubuk Basung memaparkan transformasi dalam pembangunan ZI masing-masing di Aula Pertemuan Kanim Agam pada Senin (15/5).

Tim dari Inspektorat Wilayah III yang dikomandoi Ari Fardianto selaku Pengendali Teknis dan Bambang Purwantho selaku Ketua Tim, melaksanakan evaluasi pembangunan zona integritas yang terdiri dari pemaparan pembangunan ZI dan wawancara. Khusus Kanim Agam yang dikunjungi langsung, Tim TPI juga berkesempatan melaksanakan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi sarana pelayanan publik pada Kanim Agam.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto memberikan semangat kepada seluruh UPT yang akan melaksanakan desk evaluasi dan berharap seluruh UPT dapat maksimal dalam memaparkan apa saja perubahan yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi selama ini.

Dari seluruh Wilayah III Inspektorat Jenderal yang mengikuti kontestasi Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, Kanwil Kemenkumham Sumbar adalah Kanwil dengan Satker terbanyak yang lolos pada penilaian awal, yakni 7 dari 28 Satker. Ini menjadi motivasi bagi kita untuk memberikan yang terbaik pada evaluasi TPI ini,” ujar Kakanwil saat entry meeting Desk Evaluasi TPI bersama seluruh satuan kerja yang lolos.

Pada kegiatan evaluasi, Kepala Kantor masing-masing UPT didampingi Ketua Tim ZI, Ketua dan Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan ZI masing-masing menyampaikan apa saja transformasi yang telah dilakukan untuk mewujudkan wilayah yang bebas dari praktik korupsi serta memiliki pelayanan prima bagi masyarakat.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar, Ramelan Suprihadi bersama Kepala Bagian Umum, Hasran Sapawi dan Kasubbag HRBTI, Bobby Sectio Wahyudi turut hadir dalam kegiatan untuk mendampingi Satker Kemenkumham Sumbar dalam desk evaluasi ini.

Kadivmin berpesan agar seluruh UPT yang dinilai oleh TPI melalui desk evaluasi dapat segera melengkapi catatan perbaikan dan masukan yang diberikan.

"Selamat berjuang dan terus berbenah diri, laksanakan saran dan evaluasi yang diberikan TPI dan tetap semangat untuk mewujudkan zona integritas," harap Kadivmin.

Pada sesi diskusi, tim TPI Irwil III menguji internalisasi pembangunan ZI pada seluruh pegawai dan melihat realisasi reformasi birokrasi yang telah dilaksanalan. Terakhir, tim memberikan beberapa rekomendasi dan penguatan bagi ketiga satker untuk terus melaksanakan pembangunan ZI.

Memang pembangunan zona integritas ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan, tidak boleh instan. Kami mengapresiasi seluruh upaya dan transformasi yang dilakukan pada Kanim dan juga Lapas untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi serta wilayah dengan pelayanan publik yang prima" ujar Arie selaku Dalsis TPI membuka sesi diskusi dengan Pokja ZI satker.

Selanjutnya anggota TPI lainnya memberikan beberapa evaluasi dan rekomendasi pada masing-masing area perubahan, diantaranya: terus kembangkan terutama inovasi pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan kepada publik, tingkatlan manajemen media dan ekspose upaya pembangunan ZI di media, serta wujudkan indikator kinerja yang berorientasi hasil. (Humas Kemenkumham Sumbar)

WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.46.02
WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.46.02

WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.46.02

 


Cetak   E-mail