Semarak Ulang Tahun Kemenkumham ke-78, Kanwil Sumbar Cetak dan Serahkan Sertifikat Apostille Perdana

WhatsApp Image 2023 08 02 at 12.38.36

Padang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat menjadi Kanwil Kemenkumham yang sudah terkategori bisa melayani pencetakan sertifikat Apostille. Layanan yang dapat diakses di Kanwil Sumatera Barat sejak 20 Juli 2023 itu dipublikasikan secara resmi di media sosial Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI pasca dilakukannya pembekalan oleh tim apostille Ditjen AHU.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Haris Sukamto untuk pertama kali menyerahkan sertifikat Apostillle kepada pemohon a.n. Hari Setia Putra, bersempena dengan lomba peragaan busana tradisional dalam rangkaian Semarak Ulang Tahun Kemenkumham RI ke-78, Rabu (02/08) siang.

WhatsApp Image 2023 08 02 at 12.38.37

Total 6 dokumen publik di antaranya ijazah, transkrip nilai, dan buku nikah yang akan digunakan pemohon untuk kelengkapan studi strata-3 di negara Swiss.

Hari Setia Putra yang menjadi pemohon layanan pencetakan Apostille menerima dokumen pencetakan Apostille dari Kepala Kantor Wilayah didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM RI Ruliana Pendah Harsiwi, Kabid Pelayanan Hukum Faisal Rahman dan Kasubid AHU Deden Firmansyah.

Diharapkan ke depannya dalam menunjang lancarnya layanan cetak sertifikat Apostille, masyarakat di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya saat ini tidak perlu lagi harus ke loket pusat di Jakarta, namun sudah dimudahkan dengan adanya loket cetak apostille di Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat.

Layanan Apostille memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan legalisasi dokumen untuk kebutuhan aktivitas di luar negeri. Layanan Apostille menyederhanakan proses legalisasi atas dokumen publik dengan menghapuskan tahapan legalisasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan atau Konsuler.(Humas Kemenkumham Sumbar)


Cetak   E-mail