Kanwil Kumham Sumbar selenggarakan Pembinaan dan Pengembangan JDIH  Universitas se-Sumatera Barat

1

Padang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Peran Anggota JDIH untuk mendukung basis data informasi hukum pada Perguruan Tinggi di Sumatera Barat di Axana Hotel Padang, Selasa (05/03).

Diikuti oleh Kepala Pustaka dan Pengelola Website dari Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat serta Pengelola Website JDIH Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Kabag Hukum Setda Kota Padang Rita Engleni dan Pusdok JDIHN BPHN Katarina Rosarina.

Kegiatan diawali pembacaan Laporan Ketua Penyelenggara oleh Kasubid JDIH Budy Arilia yang menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai penguatan dalam rangka peningkatan kinerja pengelola JDIH Perguruan Tinggi guna meningkatkan jumlah dan kualitas database Dokumen Hukum Perguruan Tinggi yang di Provinsi Sumatera Barat yang terintegrasi secara nasional dalam website JDIHN.

2

Mewakili Kepala Kantor Wilayah, Ruliana Pendah Harsiwi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyampaikan Kanwil Kemenkumham sendiri menjadi perpanjangan tangan bagi Badan Pembinaan Hukum Nasional untuk menjadi pembina JDIH kepada seluruh Sekda/Sekwan dan Universitas yang sudah di atur didalam Peraturan Presiden No 33 Tahun 2012 tersebut bahwa organisasi JDIHN sendiri terdiri atas pusat atau (JDIHN) dan anggota JDIHN yang salah satunya universitas atau perguruan tinggi. Dengan adanya JDIHN ini masyarakat luas akan lebih mengetahui dan mengerti tentang hukum, produk hukum dan monografi hukum sehingga penyebarluasan informasi hukum kepada masyarakat tidak akan sulit lagi.

5

3

“Salah satu yang diamanatkan dalam Perpres tersebut adalah Universitas sehingga universitas bisa mengupload dokumen hukum baik berupa peraturan maupun monografi hukum hal ini tentu akan membuat masyarakat tidak hanya mengetahui produk hukum daerah tetapi juga informasi hukum yang berkaitan dengan universitas. Ini juga sekaligus ajang promosi universitas ke masyarakat luas  sehingga universitas yang ada di Sumatera Barat nantinya akan semakin dikenal tidak hanya di Sumatera Barat saja tetapi juga di luar sumatera barat salah satunya dengan jdih ini. Selain itu BPHN juga mengadakan award untuk jdih kategori universitas atau perguruan tinggi dan besar harapan kita semua agar setelah nanti ada link jdih universitas dan terintegrasinya jdih Universitas di Sumatera Barat sehingga bisa menjadi pemenang di ajang tersebut untuk itu semangat, berkreasi sebaik mungkin dan jadikan jdih universitas ini sebagai ajang kreasi anak-anak muda Sumatera Barat dalam menyebarluaskan informasi hukum”, ucap Pendah.

4

“Pada kesempatan ini kami berharap agar semua Universitas atau Perguruan Tinggi yang hadir bisa mengikuti dan menyimak dengan baik acara pembinaan dan pengembangan JDIH ini sehingga nantinya setiap Universitas bisa memiliki jdih nya sendiri”, tutup Pendah dalam sambutannya. (Humas Kemenkumham Sumbar)


Cetak   E-mail