Tingkatkan Desa Sadar Hukum. Tim Penyuluh Kumham Sumbar Lakukan Pendampingan di Kecamatan Padang Barat dan Kelurahan Berok Nipah

1

Padang – Tim Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat terus berupaya untuk meningkatkan akan kesadaran hukum dan budaya hukum ditengah-tengah masyarakat terkhususnya di wilayah Kecamatan Padang Barat dan Kelurahan Berok Nipah, Rabu (06/02/2024).

Tim tersebut diketuai oleh Penyuluh Hukum Ahli Madya, Mainofri beserta keempat anggotanya melakukan pendampingan akan pentingnya kesadaran hukum dan budaya hukum. Dimana hal itu tertuang pada surat edaran dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor PHN-HN.04.04-01 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Desa/ Kelurahan Sadar Hukum (DSH/KSH).

Pihak dari Kecamatan Padang Barat yang diwakili oleh Sekretaris Camat Padang Barat menyambut hangat kedatanganan dan antusias dalam pendampingan ini.

Ia mengutarakan bahwasanya hingga tahun 2024 ini Kecamatan Padang Barat belum memperoleh penghargaan Desa/ Kelurahan Sadar Hukum.

“Untuk itu, saya dari perwakilan Kecamatan Padang Barat ingin mengetahui kiat-kiat atau kriteria penilaian agar kami bisa meraih penghargaan DSH”. Ujarnya

Menanggapi pertanyaan tersebut, Mainofri mengatakan terdapat 4 kriteria penilaian dalam pembentukan DSH, yaitu; dimensi akses informasi hukum, akses implementasi hukum, akses keadilan, akses demokrasi dan regulasi.

“Keempat kriteria wajib dipenuhi sehingga terlaksana pembinaan hukum di wilayah dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat sesuai dengan bobot indeks DSH yang telah ditetapkan”. Ujarnya

Sementara itu, Lurah Berok Nipah, Sri Utari yang merupakan Lurah berprestasi dan mendapatkan gelar N.LP (Non Litigation Peacemaker) dari Menteri Hukum dan HAM RI pada tahun 2023 yang lalu mengatakan pihaknya akan terus berupaya dan memperkuat komitmen untuk menjadikan Kelurahan Berok Nipah menjadi Kelurahan Sadar Hukum di tahun ini.

“Alhamdulillah Gelar N.I.P yang telah diraih tahun lalu menjadikan kami motivasi dan memperkuat komitmen demi meraih penghargaan keluarahan sadar hukum dan ini semua demi kepentingan masyarakat”. Katanya

Ia berharap agar Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk terus mengawasi dan juga terus mendampingi serta mensosialisasikan akan pentingnya kesadaran hukum di beberapa wilayah Sumatera Barat terkhususnya di Kelurahan Berok Nipah. (Humas Kemenkumham Sumbar)

2

3

4


Cetak   E-mail